Perencanaan dan Pengelolaan Cathlab dan Ruang Operasi

 

27

Dec 2023

296

Perencanaan dan Pengelolaan Cathlab dan Ruang Operasi

Dipublis: 2023-12-27 06:36:41
Oleh: admin
Kategori: INFO GAS MEDIK

Pembangunan Ruang Cath Lab

Cath Lab atau Kateterisasi jantung & Angiografi adalah prosedur atau tindakan Cardiology Diagnostic Invasive. Metodenya menggunakan sinar-X untuk menampilkan gambaran pembuluh darah di berbagai organ tubuh.

Misalnya, jantung untuk melihat adanya penyakit, sumbatan, penyempitan, ataupun pelebaran pada pembuluh darah tersebut. Alat yang digunakan dalam Cath Lab dapat menghasilkan gambaran pembuluh darah secara detail.

Dengan begitu, prosedur ini bisa membantu dokter secara akurat dalam tindakan prosedur operasi atau Percutaneous Transluminal Coronary Angioplasty (PTCA).

Cath Lab sendiri paling umum digunakan untuk prosedur jantung, seperti Angiografi Koroner dan pemasangan stent. Di samping itu, Cath Lab juga bisa dimanfaatkan oleh bidang lain seperti Radiologi Intervensi, bedah saraf, bedah tulang, dan lain-lain.

Dalam perencanaan pembangunan gedung atau ruang pelayanan Cath Lab untuk jantung (kardiovaskular) terdapat 3 (tiga) jenis pengadaan yaitu :

  • Pembangunan Konstruksi Gedung Cathlab dimana salah satu ruang utama adalah Ruang Tindakan/Prosedur dengan klasifikasi Ruang beradiasi tinggi dan ruang steril dan oleh karenanya termasuk didalamnya pemasangan/instalasi dinding dan kaca (pembatas/monitpor) timbal (Pb) sebagai insulator terhadap radiasi agar tidak mengkontaminasi ruang lainnya.
  • Pemasangan/Instalasi Sistem Tata Udara Ruang (HVAC = Heating Vetillation Air Condition) dan Modular Operating Theater (MOT) yang akan diaplikasikan khusus pada ruang tindakan/prosedur untuk mengatur sirkulasi udara yang menjamin sterilitas ruang tersebut. Pengadaan ini dilakukan dengan metode e-purchasing dan akan dilaksanakan pada saat tertentu saat pekerjaan pembangunan gedung berjalan.
  • Pemasangan/Instalasi Gas Medis dan peralatan Cathlab yang akan dilakukan setelah pekerjaan HVAC/MOT hampir selesai.

Pembangunan Ruang Operasi pada Rumah Sakit

Kamar operasi atau kamar bedah adalah ruangan khusus di rumah sakit yang diperlukan untuk melakukan tindakan pembedahan baik elektif atau akut yang membutuhkan keadaan bersih dari hama atau steril. Ruang Operasi dianggap tepat sebagai pendorong penting dari potensi produktif dari setiap organisasi perawatan kesehatan. Ruang operasi merupakan sumber pendapatan terbesar dalam sistem rumah sakit tetapi juga memiliki basis biaya tinggi yang menghadirkan unsur risiko bagi organisasi jika tidak dikelola secara efektif. Secara global, sistem perawatan kesehatan berada di bawah tekanan yang semakin besar untuk memberikan efisiensi, produktivitas, dan kualitas perawatan dalam anggaran yang terbatas. Rancang bangun dan peralatan kamar operasi harus memenuhi syarat agar dapat mendukung terselenggaranya pelayanan pembedahan yang efektif dan didukung dengan program pemeliharaan peralatan kedokteran dan program pengamanan (safe practice).

Oleh karena itu kegagalan dalam pembedahan jangan sampai disebabkan oleh faktor perencanaan dan perancangan fisik bangunan dan utilitasnya yang tidak memenuhi persyaratan teknis. Syarat Pembangunan dan pengelolaan ruang operasi meliputi :

Bangunan gedung, Bangunan instalasi di rumah sakit, Sarana, Prasarana, Ruang Operasi RumahSakit, Ruang Pendaftaran, Ruang tunggu Pengantar, Ruang Transfer (Transfer Room), Ruang Tunggu Pasien (Holding Room), Ruang Persiapan Pasien, Ruang Induksi, Ruang Penyiapan Peralatan/Instrumen Bedah, Ruang Operasi, Ruang Pemulihan, Ruang Resusitasi Bayi/ Neonatus, Ruang ganti pakaian (Loker), Ruang Dokter, Scrub Station, Ruang Utilitas Kotor (Spoel Hoek, Disposal), Ruang Linen, Ruang Penyimpanan Perlengkapan Bedah, Ruang Penyimpanan Peralatan Kebersihan (Janitor).

Sarana Ruang Operasi dibagi kedalam beberapa Zona yaitu :

  • Zona 1, Tingkat Resiko Rendah (Normal).
  • Zona 2, Tingkat Resiko Sedang (Normal dengan Pre Filter).
  • Zona 3, Tingkat Resiko Tinggi (Semi Steril dengan Medium Filter).
  • Zona 4, Tingkat Resiko Sangat Tinggi (Steril dengan Pre Filter, Medium Filter, Hepa Filter).

Sistem zonasi pada bangunan Ruang Operasi Rumah Sakit bertujuan untuk meminimalisir risiko penyebaran infeksi (infection control) oleh micro-organisme dari rumah sakit (area kotor) sampai pada kompleks ruang operasi.

Mencari perusahaan atau kontraktor yang bergerak dalam bidang instalasi gas medis, Perencanaan dan Pengelolaan Cathlab dan Ruang Operasi silahkan hubungi kami PT. Sarana Medikal Prisma, yang sduah berpengalaman dalam bidang instalasi gas medis pada Perencanaan dan Pengelolaan Cathlab dan Ruang Operasi. Kami menyediakan juga sistem gas medis dari hulu ke hilir dengan 1 merk agar memudahkan dalam pemeliharaan atau service. After sales sistem gas medis sangat penting, dan perlu penangan cepat dalam memperbaiknya. Kami juga menyediakan suku cadang atau spare part gas medis dan 90% kami ready stock.

Silahkan hubungi kami di 089999 72721.

www.saranamedical.com

Mohon tunggu ...